Siapakah Aku ? (”a” huruf kecil)

Siapakah aku? Mereka sering mengatakan padaku
aku akan melangkah keluar dari kungkungan selku
Dengan tenang, dengan riang, dengan tegap,
Bagaikan seorang tuan tanah dari rumah peristirahatannya.

Siapakah aku? Mereka sering mengatakan padaku
aku akan berbicara kepada para penjagaku
Dengan bebas dan dengan bersahabat dan dengan jelas,
Seolah-olah akulah yang memerintah.

Siapakah aku? Mereka juga mengatakan padaku
aku akan menanggung hari-hari kemalangan
Dengan tenang, dengan tersenyum, dengan bangga
Bagaikan seorang yang terbiasa untuk menang.

Lalu apakah aku benar-benar sama dengan semua,
Yang diberitahukan oleh orang lain?
Atau apakah aku hanyalah diriku yang kukenal,
Gelisah dan merindu dan sakit, bagaikan burung di dalam sangkar?
Yang megap-megap, seolah-olah ada tangan-tangan yang menekan kerongkonganku,
Yang merindukan warna-warna, bunga-bunga, suara burung.
Yang haus akan kata-kata yang ramah, akan persahabatan,
Yang bergetar dan marah terhadap despotisme dan penghinaan yang kejam,
Yang terjebak dalam pengharapan akan peristiwa-peristiwa besar,
Yang tanpa daya berdukacita karena para sahabat yang tidak mungkin dicapai.
Yang letih lesu dan kosong saat berdoa, saat berpikir, saat berbuat,
Lunglai, dan siap untuk mengucapkan salam perpisahan kepada semua itu ?

Siapakah aku? Yang ini atau yang itu?
Apakah aku adalah orang ini hari ini, dan orang lain besok?
Apakah aku adalah kedua-duanya sekaligus? Seorang munafik di hadapan orang lain,
Dan di hadapan diriku orang lemah yang menjijikkan yang terlihat sangat sedih?
Atau apakah sesuatu di dalam diriku tetap seperti pasukan yang telah dikalahkan,
Yang berlari serabutan dari kemenangan yang sudah dicapai?

Siapakah aku? Mereka mengolok-olok aku, mengolok-olok pertanyaan-pertanyaanku
yang kesepian ini.

Siapapun aku ini, Engkau tahu, ya Tuhan, aku adalah milik-Mu.

~ by S T E on September 4, 2011.

3 Responses to “Siapakah Aku ? (”a” huruf kecil)”

  1. wuissssss…puitisnyaaaaa…xixixixi😀

  2. bagusssss,,,,>.<

Leave a Reply

 
