Bersepeda, Bersahabat dengan Lingkungan

Di tengah kampanye Global Warming yang sering digembor-gemborkan, sepeda merupakan alat transportasi yang sedang populer saat ini. Selain anti polusi dan ramah lingkungan, bersepeda juga merupakan sarana olah raga yang efektif. Bersepeda secara rutin tidak akan membuat kita berpergian lebih cepat dari kendaraan bermotor atau mobil itulah anekdot dari bersepeda Bersepeda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan bugar.

Saya sering kagum melihat para pengendara sepeda, dari para pedagang, anak-anak sekolah, ataupun para hobiis.  Di saat banyak alat transportasi yang lebih nyaman, aman dan tidak lelah, tetapi mereka lebih menyukai naik sepeda dengan banjir keringat. Mengayuh sepeda dengan kelelahan, tetapi mereka masih sangat senang dan melakukannya hampir setiap hari. Namun, terlepas dari rasa lelah tersebut, saya mencoba untuk memberikan sebuah tulisan mengenai manfaat bersepeda. Tahukah anda manfaat dari bersepeda? Saya ingin mencoba mengulasnya dari beberapa sisi, yaitu dari segi kesehatan, lingkungan dan ekonomi.

Pertama, Bersepeda dapat dijadikan salah satu program untuk mengurangi berat badan dan menjaga kebugaran. Dengan bersepeda kita sama saja membakar kalori kita yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi. Hanya dengan beberapa menit bersepeda dari rumah ke tempat tujuan kita 4 – 5 kali dalam seminggu, kita telah berhasil mengurangi berat badan kita sekitar 5-6 kg dalam satu tahun. Sangat cocok untuk anda yang ingin mengurangi berat badan, tetapi belum mendapatkan cara yang tepat.

Kedua, bersepeda dapat memberikan efek yang sangat besar pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan

Ketiga, bersepeda sangat baik bagi lingkungan. Bersepeda selain menyehatkan juga dapat mengurangi pemananasan global akibat polusi kendaraan bermotor sehingga dapat menyelamatkan lingkungan. Anda tahu apa yang menyebabkan global warming? Kendaraan bermotorlah pelakunya. Dengan bersepeda kita akan menyumbang kehidupan di bumi dengan tidak mencemarinya lagi dengan polusi asap berbahaya. Kita tidak perlu kuatir dengan polusi udara yang disebabkan lalulintas kendaraan, hasil penelitian menyebutkan orang yang bersepeda lebih sedikit terkena polusi udara dari pada orang yang naik kendaraan bermotor. Hal ini di mungkinkan karena orang yang bersepeda bernafas lebih teratur dan menghisap oksigen lebih banyak.

Keempat, Bersepeda sangat bermanfaat untuk jantung. Dengan bersepeda rutin setiap hari, hal ini akan melatih nafas kita untuk bernafas lebih berkualitas dibandingkan dengan yang tidak memiliki hobi bersepeda. Bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam aerobik dan tentu saja lebih mengasyikan karena kita bisa melihat lingkungan sekitar. Bersepeda merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling efektif, murah dan mengasyikkan untuk mencapai kesehatan yang sangat mahal harganya. Sebagai contoh, bersepeda dapat mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak yang pendek dan sering dilakukan akan mengurangi tingkat kematian karena penyakit jantung kurang lebih 22%.

Kelima, Dengan bersepeda kita juga bisa menghemat uang karena bersepeda itu gratis alias tidak bayar. Kita hanya bermodalkan sepeda dan langsung bisa digenjot untuk pergi jalan-jalan. Dengan sepeda anda tentu saja tidak akan bayar bensin dan pajak kendaraan setiap tahunnya.

Jadi, apa yang anda tunggu, mulailah hidup sehat dengan bersepeda sekaligus menjaga kelangsungan lingkungan dan bumi kita.

bicycle-benefits-image

(sumber: kulinet.com/baca/bersepeda-untuk-kesehatan-dan-lingkungan) dan sedikit penambahan dari saya,

~ by S T E on November 2, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: