Manusia Baik ?

    “Jadi manusia , seorang manusia baik”, itulah satu-satunya yang penting di dunia ini! Tapi siapa yang peduli?

Kebaikan katanya adalah kesederhanaan, keramahan, kesiapan untuk menolong, dan seporsi kemauan melupakan kepentingan sendiri. Dan siapa yang menggemarinya? Sifat-sifat itu bukanlah mode saat ini. Tidak membangkitkan selera.

Di sana-sini terdengar seruan untuk membangun masyarakat baru, membangun dunia baru, tetapi jarang terdengar disebut unsur-unsur hakiki yang mutlak. Oleh karena itu segala ocehan tentang pembaharuan masyarakat dan perombakan struktur terasa mengambang di angkasa. Segala itu menjadi mustahil dan orang tidak menemukan hasil nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Dunia raya hanya memperhatikan hal-hal besar, hal-hal yang menyolok mata, hal-hal yang bisa diukur dengan sistem nilai modern: karier, kehormatan, kekayaan! Tidak ada yang peduli tentang kebaikan, kesederhanaan, kesiapan menolong, melainkan dipersoalkan gelar universitas/ akademis, ijasah, semangat berprestasi, ambisi, nilai ilmiah dan nilai teknis. Yang dicari adalah orang berilmu dan berketrampilan yang memenuhi kebutuhan. Sejauh mungkin kebal terhadap perasaan manusiawi, seperti rasa kasihan, pengertian, perhatian terhadap yang melarat, kepekaan terhadap sesama. Itulah bahaya yang mengancam kita dalam masyarakat yang berlebihan terorganisasi dan berlebihan teradministrasi.

Komputer tak peduli akan Hati! Kalau peduli, mengapa masih terus ada kemelaratan menyedihkan di dunia ini? Orang-orang baik tak punya kuasa. Kekuasaan dan keputusan ada di tangan tuan-tuan besar tak dikenal di dunia ini, yang masih saja beretindak seakan-akan segala benda di bumi ini adalah miliknya pribadi. Namun jangan kau berputus asa! Jadilah manusia baik, jadilah manusia sebaik mungkin, supaya kepingan kecil bumi tempat kau berpijak dan bekerja menjadi kepingan kecil dunia lebih baik!

-ste, 1 November 2009

~ by S T E on November 1, 2009.

2 Responses to “Manusia Baik ?”

  1. sippp…pa lagi kalimat penutupnya…

    btw, kyknya orang bae ntu tkadang susah dapet pacar lho…(!) he23…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: